DOSEN FAKULTAS EKONOMI UNRIKA IKUT TRAINING OF TRAINERS NILAI-NILAI KEBANGSAAN OLEH LEMHAMNAS RI

Tanggal 30 November sampai 5 Desember 2020 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHAMNAS RI) menyelenggarakan Training Of Trainers (ToT) Tentang Nilai-nilai Kebangsaan bagi Dosen dan Guru serta Widyaiswara secara virtual angkatan VI Tahun 2020. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh beberapa Dosen Fakultas Ekonomi UNRIKA Batam diantaranya Dr. Oktavianti, SE. MM, Dr. Lukmanul Hakim, SE. M. Si dan Dr. Cahyo Budi Santoso, SE. M. Ak.

Dr. Oktavianti, SE. MM yang mengikuti ToT tersebut menjelaskan bahwa, kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat disamping merupakan acara silaturrahmi yang sifatnya nusantara juga menambah wawasan kebangsaan. Tentu akan meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan, kebhinekaan yang kita miliki justru menjadi kekuatan dan pemersatu bangsa dalam menghadapi segala tantangan dan dan dalam membangun negara ini. Jelas Okta.

Pendaftaran training tersebut  dilaksanakan pada bulan Maret 2020 dan baru dilaksanakan pada bulan November 2020, dan penutupan pada Tanggal 7 Desember 2020. Yang menarik lagi adalah kehadiran para alumni meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual by zoom namun tidak mengurangi makna dan hasil yang diperoleh, jelas Okta berikutnya.

Sementara itu, Dr. Lukmanul Hakim dan Dr. Cahyo Budi Santoso, SE. M. Ak mengurai beberapa materi ToT diantaranya Materi Dasar terdiri dari: Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Kewaspadaan Nasional, Kepemimpinan Nasional. Materi Utama terdiri dari: Impelemntasi Nilai-nilai Kebangsaan bersumber dari Pancasila dan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, Strategi dan Metodologi Pendidikan Karakter Bangsa, serta diskusi kelompok dan praktek mengajar. Materi Penunjang meliputi diantaranya: Pengantar Kepemimpinan, komitmen Pembelajaran, Penulisan Naskah dan Esai, Inter Personal Skil, Pembinaan dan Pengasuhan, Action Plan dan Materi Evaluasi.

 

 

By Admin